Sunday, June 6, 2010

MATA SEHAT BUTUH VITAMIN E !!!

Vitamin E selalu saja dihubungkan dengan kulit. Mulai dari melembutkan, mengencangkan, hingga memperlambat proses penuaan. Padahal tidak cuma itu saja manfaatnya. Vitamin E juga dipercaya mampu menjaga kesehatan retina mata. Penasaran?
Vitamin E tak lepas kaitannya dengan dunia wanita. Mengapa tidak? Karena vitamin E dipercaya mampu mencegah proses penuaan karena kemampuannya menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Mencegah penuaan, dan mengurangi resiko timbulnya keriput sejak dini.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan. Tak heran jika manfaatnya begitu dahsyat untuk kesehatan kulit maupun tubuh manusia. Karena kemampuannya menangkal radikal bebas, membuat tubuh yang mendapat cukup asupan vitamin E ini terhindar dari resiko terkena penyakit kanker dan juga serangan jantung.

Vitamin E banyak terkandung dalam minyak zaitun, minyak canola, alpukat, biji bunga matahari, dan jenis kacang-kacnagan lainnya. Meskipun vitamin E ini banyak terkandung di makanan yang mengandung lemak, tapi lemak-lemak ini bukanlah lemak jahat. Justru lemak-lemak ini adalah lemak baik yang aman untuk jantung dan kolesterol.

Akibat yang disebabkan oleh kekurangan vitamin E memang jarang sekali ada. Hal ini mungkin memang jarang terjadi atapun memang jarang sekali penelitian tentanghal tersebut. Defisiansi biasanya terjadi pad mereka yang mengalami sindrom malabsorpsi lemak. Sedangkan makanan yang menjadi sumber vitamin E rata-rata adalah makanan yang mengandung lemak nabati.

Secara tidak langsung hal ini bisa menjadi salah satu faktor terkait. Gejala yang ditimbulkan pun bermcam-macam, diantaranya kerusakan saraf tangan dan kaki, gangguan pada sistem keseimbangan, lemah otot, bahkan kerusakan retina mata. Jadi, mengkonsumsi vitamin E baik suplemen ataupun makanan-makanan yangmengandung vitanmin E tidak hanya menjaga kesehatan kulit dan jantung tapi juga menjaga kesehatan mata khususnya retina.

0 comments:

Post a Comment