Sunday, May 2, 2010

Belajar Blog Tentang Link dan Backlink

Sebagai seorang Blogger Pemula tentunya kita harus mengetahui apa itu sebenarnya link dan apa itu sebenarnya Backlink. Begitu besar manfaatnya kedua istilah ini untuk membangun jaringan baik didalam blog kita secara internal melalui postingan-postingan kita yang biasa kita sebut LINK antar posting, maupun secara eksternal melalui yang biasanya kita sebut dengan BACKLINK.

Menurut istilah pemrograman LINK dapat diartikan sebagai 2 pengertian didalamnya yaitu sebagai tautan dan sebagai penunjuk arah. Link pasti akan menautkan dan menunjukkan arah darimana sumber berasal dan ditujukan ke arah mana. Semisal kita beri contoh dari beberapa posting sebelumnya di blog ini, jika anda ingin mengetahui informasi tentang 10 stadium yang akan dipergunakan dalam pertandingan PIALA DUNIA 2010 di AFSEL teman-teman bisa mengklik LINK berikut. Tulisan LINK berwarna kuning itulah yang dinamakan LINK ke postingan lain selain postingan ini yang kita buat. LINK secara internal ini sangat berguna untuk me-renew kembali postingan yang telah kita buat terdahulu agar masih tetap bisa dibaca lagi oleh pembaca yang membutuhkan informasi di postingan tersebut.

Bagaimana dengan BACKLINK? Apakah Itu?

BACKLINK sebenarnya secara pengertian hampir sama dengan LINK sendiri. Namun biasanya lebih bersifat eksternal ke luar dari blog kita sendiri. Menurut kebanyakan blogger BACKLINK merupakan salah satu strategi SEO yang dapat mendongkrak cepat terbacanya blog kita di index GOOGLE. BACKLINK sendiri mempunyai beberapa jenis diantaranya :
  • One Way Backlink
    One Way Backlink adalah link blog kita yang diletakan di blog orang lain, sementara link dari blog orang lain tersebut tidak ditempatkan di blog kita. Dari semua jenis model backlink, One Way Backlink adalah yang paling di sukai oleh blogger karena akan membuktikan bahwa blog mereka popular.
  • A Two Way Backlink
    Two Way Backlink
    adalah pertukaran antara link blog kita dengan link blog orang lain.
  • Three Way Backlink
    Three Way Backlink biasanya di lakukan oleh pihak ketiga yang akan meng submit link blog kita ke blog /website orang lain. Sebagai balasan, kita juga harus menempatkan link blog/website pihak ketiga tersebut di blog kita.
Untuk info secara detail mengenai jenis-jenis BACKLINK silakan klik Jenis-Jenis Backlink

Lalu bagaimana cara menghitung jumlah BACKLINK kita. Google menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan halaman website mana yang akan di peringkat pada search engine atau mesin pencari mereka. Mereka menggunakan beberapa faktor sebagai bagian dari algoritma, tetapi jumlah backlink yang datang ke dalam halaman situs adalah salah satu yang paling penting. Namun bagaimana cara menghitung backlin tidak tergantung dari jumlah backlink tetapi dari kualitas backlink mereka yang mempunyai pagerank lebih tinggi dari pada yang lain. Sehingga halaman website Anda akan lebih terlihat berkualitas dan Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google. Dan semakin tinggi peringkat ini, semakin banyak pengunjung yang Anda dapatkan untuk website Anda. Selengkapnya bisa dilihat di Cara Menghitung Jumlah Backlink

Oke mungkin sekian dulu tulisan mengenai LINK dan BACKLINK. Semoga bermanfaat untuk para Blogger lainnya. ^_^>

5 comments:

Amdhas said...

salam persahabatan
yang saya bingung perbedaan link dan url

Herman said...

salam kenal juga mas Hendro ^_^>
sepengetahuan saya, URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu "pathname" untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web sedangkan untuk link sendiri merupakan penghubung ataupun tautan antar halaman, maupun antar web dengan URL yg berbeda. Jadi singkatnya didalam LINK itu ada URL tujuan web/blog yang ingin kita kunjungi

rickyeka said...

link dan backlink hampir sama man sebenarnya
dalam seo backlink is number one, dapetin backlink sebenarnya gampang koq, tinggal komen diblog dofollow, tapi komentnya pake url yah?jangan akun blogger,hehehehe,,,,,tapi ingat sekarang algoritma google sudah berubah, dimana kecepatan load blog juga menjadi hitungan penting dalam SERP. Jangan lupa setelah komen atau update aritikel unutk ping blog kamu, biar makin maknyus.

www.rickyeka.com

Nur Prasetiyo (Zutonx Blog) said...

Caranya one way Link tu gimana Gan???

Zutonx blog

unik said...

salam kenal sahabat

Post a Comment